Pages

Senin, 15 Juni 2015

Pembuatan Augmented Reality Dengan Software Unity

1.      Buka Unity klik File >> klik New Project, tentukan lokasi penyimpanan.
2.      Klik File >> Build Setting, pilih platform Android dan klik Switch Platform.
3.      Klik tombol Player Settings untuk mengatur tampilan pada saat di layar Android. Pada bagian Inspector >> Resolution &Presentation  ubah default orientation menjadi “Landscape Left”, kemudian pada bagian Other Setting  isikan Bundle Identifier dengan nama package “com.AR Semaphore.pi”.  Ubah minimum API Level pilih Android 2.3.1 (Gingerbread).  Buka Unity, klik edit >> preferences >>  External tools >>  Android SDK Location >> tentukan lokasi install android-sdk.
    4.      Setelah project baru dibuat langkah selanjutnya adalah memasukkan Vuforia SDK ke dalam project. Caranya cukup mudah, biarkan unity tetap terbuka. Double klik Vuforia SDK unitypackage maka akan muncul Importing package seperti gambar 3.18 dibawah ini :
     5.    Untuk memasukkan marker ke Unity yaitu dengan cara mendownload marker yang telah diupload ke Vuforia seperti yang telah dijelaskan di bagian upload marker ke vuforia. Klik dua kali pada hasil download dan import marker tersebut.
     6.  
Untuk memasukkan objek ke Unity yaitu dengan klik Assets    Import New Assets pilih objek yang akan dimasukkan. Pada aplikasi ini objek yang akan dimasukkan yaitu objek animasi pramuka gerakan A-J, K-T, dan U-Z.
      7.   Pada Aplikasi ini dibutuhkan 4 Scene, Scene yang pertama untuk tapilan Menu Awal aplikasi, Scene kedua untuk menampilkan AR gerakan A-J, Scene yang ketiga untuk menampilkan AR gerakan K-T, dan Scene yang keempat untuk menampilkan AR gerakan U-Z. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan masing-masing Scene :
·       ·         Scene Menu Awal 

1. Buka Assets    Qualcomm Augmented Reality à Prefabs, kemudian drag ARCamera dan ImageTarger ke bagian Hierarchy.
2. Untuk membuat Button atau tombol yaitu dengan cara klik Asset à Create à C# Script beri nama Menu Awal. Klik dua kali pada pada C# Script kemudian akan masuk ke MonoDelevop-Unity. Masukkan Script dibawah ini :
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class MenuAwal : MonoBehaviour {
             
              //Membuat variable untuk resize layar
              public GUISkin guiSkin;
              private float  guiRatio;
              private float  sWidth;
              private Vector3 GUIsF;
             
              void Awake(){
sWidth = Screen.width;
              guiRatio = sWidth/1920;
              GUIsF = new Vector3(guiRatio,guiRatio,1); }
             
              void OnGUI(){
              GUI.skin = guiSkin;
              //lettakkan fungtion disini
                  awal(); }
             
              void awal(){
              //Meletakkan button dipojok kiri atas
                   GUI.matrix = Matrix4x4.TRS (new Vector3(GUIsF.x,GUIsF.y,0)
,Quaternion.identity,GUIsF);
              if(GUI.Button (new Rect(650,250,650,100),"A-J")){
                                              Application.LoadLevel("A-J"); }
              if(GUI.Button (new Rect(650,400,650,100),"K-T")){
                                              Application.LoadLevel("K-T"); }
              if(GUI.Button (new Rect(650,550,650,100),"U-Z")){
                                              Application.LoadLevel("U-Z");}
                              if(GUI.Button (new Rect(650,700,650,100),"EXIT")){
                                              Application.Quit(); //Keluar dari aplikasi
                              }
              }
}
3.      Drag C# MenuAwal ke bagian Hierarchy, maka tampilan saat dijalankan akan seperti gambar dibawah ini :
             ·         Scene A-J, K-T, dan U-Z
Proses pembuatan Scene A-J sama dengan scene K-T, dan U-Z adalah sebagai berikut:          
1.      Langkah pertama pembuatan sama dengan langkah pertama pada pembuatan Scene Menu Awal.
2.      Tambahkan Directional Light dengan cara klik GameObject à Create Other à Directional Light.
3.      Drag Objek pramuka yang telah diimport sebelumnya ke bagian Hierarchy.
4.      Untuk membuat Button atau tombol untuk kembali ke Menu Awal yaitu dengan cara klik Asset à Create à C# Script beri nama Menu Awal. Klik dua kali pada pada C# Script kemudian akan masuk ke MonoDelevop-Unity. Masukkan Script dibawah ini :
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class KembaliKeMenuAwal : MonoBehaviour {

              //Membuat variable untuk resize layar
              public GUISkin guiSkin;
              private float  guiRatio;
              private float  sWidth;
              private Vector3 GUIsF;
             
              void Awake(){
                              sWidth = Screen.width;
                              guiRatio = sWidth/1920;
                              GUIsF = new Vector3(guiRatio,guiRatio,1);  }
             
              void OnGUI(){
                              GUI.skin = guiSkin;
                              //lettakkan fungtion disini
                              kembali(); }
              void kembali(){
                              //Meletakkan button dipojok kiri atas
                              GUI.matrix = Matrix4x4.TRS (new Vector3(GUIsF.x,GUIsF.y,0)
,Quaternion.identity,GUIsF);
                              if(GUI.Button (new Rect(50,30,100,50),"BACK")){
                                              Application.LoadLevel("Menu Awal");
                              } }}

8. Setiap animasi diberikan suara untuk menjelaskan animasi tersebut. Yaitu dengan merekam suara kemudian di import di Unity. Dengan cara klik Assets  à Import New Assets kemudian pilih suara yang akan di impot.
 9. Drag suara ke bagian Hierarchy, proses ini dilakukan untuk Scene gerakan A-J, gerakan K-T, dan gerakan U-Z.
10.      Jika semua Scene teleh berhasil dibuat, langkah selanjutnya yaitu membuat APK. Klik File  à Build Settings, drag semua scene yang tadi telah berhasil dibuat ke bagian Scenes In Build. Kemudian klik Build.
11.   Tentukan dimana letak APK akan disimpan.
12.      Langkah terakhir yaitu install APK di smartphone Android, dan jalankan aplikasinya.

1 komentar: